Minggu, 05 Maret 2017

Cegah Demam Berdarah



Assalamualaikum....

Semangat Pagiiii 😄




Apa kabar semua? Semoga selalu sehat dan berlimpah kebaikan ya...

Hmmm....sekarang Palembang lagi sejuk ya. Beberapa hari ini hujan selalu mengguyur kota Palembang. Tapi hati-hati loohh, dibalik kesejukan ini ada yang sedang cari mangsa, siapaaa??? Itu looh nyamuk Aedes Aegipty. Kecil siih tapi kalau sudah digigit sama nyamuk ini, bisa panjang ceritanya 😟😟




Trus mencegahnya gimana?

Mencegahnya sih gampang, caranya:

  • Hindari Ruangan Lembab
Ruangan yang lembap sangat suka dihinggapi nyamuk, karenanya hindari ruangan tersebut. Caranya, kamu bisa memperbaiki sirkulasi udara di ruangan tersebut agar udara bisa segar dan tidak lembap. Ini akan membuat nyamuk-nyamuk pergi dari kamar kamu.

  • Jangan Biarkan Baju Kotor Menumpuk
Baju atau celana yang kotor mempunyai banyak kuman dan sangat suka dihinggapi nyamuk. Agar ruangan kamu tidak banyak nyamuknya sebaiknya taruh baju kotor kamu di tempat baju kotor dan tutup rapat-rapat atau kamu bisa mencucinya langsung agar tidak menumpuk.

  • Cobalah Menanam Tanaman Anti Nyamuk
Kamu bisa menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk, misalnya bunga lavender atau jeruk. Letakan tanaman tersebut di pekarangan atau dekat dengan jendela kamar kamu agar nyamuk tidak berani masuk.

  •  Lakukan Program 3M
Setelah melakukan semua hal di atas, sekarang saatnya kamu melakukan program 3M (menguras, menutup dan mengubur tempat penampungan air). Program yang pertama kali dicanangkan oleh pemerintah belasan tahun silam ini merupakan upaya paling dasar agar bisa membasmi demam berdarah dan perkembang biakan nyamuk di sekitar rumah Anda. Kalau di Palembang ditambah dengan memelihara iwak (ikan) Tempalo. Ikan ini diyakini bisa memakan jentik nyamuk.

  • Semprot Obat Nyamuk
Antisipasi lain adalah dengan rajin menyeprot ruangan di rumah Anda menggunakan obat nyamuk yang sudah teruji kualitasnya.

Gampangkan pencegahannya. Yuukk cegah bersama demam berdarah yaaa...


(Sttt.... Kalau di Puskesmas Sako, di loket pendaftaran kami sediakan Abate looh, silahkan diambil ya, cukup satu bungkus, ditaruh di dalam tempat penampungan air, inshaAllah nyamuknya tidak berkembang biak)




Ok selamat beraktifitas ya, semoga kita semua selalu sehat.

Salam sehat!

=puskesmas sako=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar